Kamis, 13 September 2012

Gustave Eiffel, Sang Penyihir Besi!

         Hi guys!
        Sebelumnya nih, pasti udah tau kan Menara Eiffel ? Bangunan yang terkenal sebagai bangunan tertinggi di dunia dan terkenal keromantisannya ? Pasti tau dong.. Tapi, kalian tau ngga siapa yang merancang menara Eiffel ? Bagi yang belum tau, kali ini saya akan membahas tentang perancang menara Eiffel. Check this out ;)
        Alexandre Gustave Eiffel, atau biasa disebut Gustave Eiffel, lahir pada tanggal 1 Desember 1832 dan berkewarganegaraan Perancis. Beliau menempuh pendidikan di College of Art dan Manufaktur dan lulus tahun 1855. Setelah lulus, beliau mengkhususkan diri dalam konstruksi logam, terutama jembatan. Seperti saat pembangunan jembatan besi di Bordeaux pada tahun 1858. Beliau lah yang memimpin pembangunan konstruksi jembatan tersebut, diikuti oleh beberapa orang lain.
        Kemudian, pada tahun 1877, beliau kembali berkecimpung dalam sebuah konstruksi jembatan di Sungai Douri di Oporto, Prancis Selatan. Dan jembatan tersebut menjadi jembatan tertinggi di dunia, karena memiliki ketinggian 400 kaki (120 m) diatas sungai. Beliau adalah salah satu insinyur yang pertama menggunakan kompresi udara caissons dalam membangun jembatan. (maaf, saya kurang paham tentang sistem kompresi ini :D). Tidak hanya itu, Bapak Gustave Eiffel juga merancang kubah bergerak Observatorium di Nice dan kerangka Patung Liberty di New York Harbor. Keren ya guys! *Give applause*
        Pada tahun 1887, Bapak Gustave kembali mengejutkan dunia dengan pembangunan Menara Eiffel di Paris yang masih berdiri dengan megahnya sampai saat ini. Menara inilah yang melambungkan namanya di seantero Eropa, atau mungkin sampai di seluruh dunia.
        Gustave Eiffel juga merancang juga merancang La Ruche di Paris, yang akan seperti menara Eiffel, menjadi landmark kota. Sebuah lingkaran bertingkat 3 dengan struktur yang lebih mirip sarang lebah dengan ukuran yang sangat besar. La Ruche diciptakan sebagai struktur sementara untuk digunakan sebagai anggur rotunda di Great Exposition of 1900.
        Kemudian, beliau mulai menggunakan menara untuk sejumlah eksperimen. Contohnya, pada auteuil, di luar Paris, beliau membangun laboratorium aerodinamis pertama yang memaksanya untuk terus bekerja sepanjang Perang Dunia I, pada tahun 1921 beliau memberikan laboratorium untuk negara.
        Perjalanan hidup seseorang tentu saja tidak hanya penuh kesenangan atau keindahan, tapi juga pasti ada masalah-masalah dibaliknya. Begitu pula yang dialami Tn. Eiffel, reputasinya mengalami kemunduran parah ketika beliau terlibat dalam skandal keuangan putaran Ferdinand de Lesseps dan pengusaha gagal mendukung proyek Terusan Panama Perancis. Eiffel sendiri tidak ada hubungannya dengan keuangan, dan penghakiman bersalah kemudian berbalik
        Eiffel meninggal pada tanggal 27 Desember 1923 di rumah besarnya di Rue Rabelais di Paris dan dikebumikan di Cimetière de Levallois-Perret, di Paris.
        Dibawah ini ada beberapa bangunan yang sudah diciptakan oleh Tn. Gustave Eiffel.

Gustave Eiffel

Menara Eiffel

Patung Liberty di New York Harbor

Bordeaux Bridge (Jembatan di Bordeaux)

Observatorium di Nice

La Ruche di Paris


Guys, sekian dulu ya info tentang Gustave Eiffel yang saya temukan dari beberapa artikel.
Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita tentang tokoh dunia yang sudah berhasil membangun tempat atau bangunan-bangunan keren. Thank you :)



3 komentar: