1.
Mengubah setting mata uang :
- ¨ Klik start
- ¨ Pilih control panel
- ¨ Pilih region and language
- ¨ Pilih Indonesia,klik tombol apply – ok
2.
Menginstal myob :
Next – next – pilih I accept the terms of the license agreement – next –
pilih typical – next – next – next – finish
3.
Kelebihan myob :
- ¨ Mudah digunakan
- ¨ Accounting power
- ¨ Feature job and category
- ¨ Proses instalasi dan maintenance murah
- ¨ Jangka waktu lama
4.
Membuat data baru perusahaan :
- ¨ Buka program myob
- ¨ Create a new company file – next
- ¨ Isi data perusahaan dengan sesuai
- ¨ Isilah tanggal dan tahun transaksi dengan sesuai – next
- ¨ next
- ¨ pilih I would like to import a list of accounts provided by my accountant after I’m done creating my company file – next
- ¨ pilih tempat dimana anda mau menyimpan – next
- ¨ command centre
5.
mensetting link pajak ( PPN ) :
- ¨ pada toolbar accounting pilih list – tax codes
- ¨ hapus FRE – GST Free caranya pilih edit – delete tax
- ¨ GST – Good & Service Tax – edit dan aturlah sesuai ketentuan lalu ok
6.
Mensetting linked account :
- ¨ Setup – linked account – accounts & banking accounts
- ¨ Klik tanda finder lalu ubah akun Undeposited Funds menjadi Cash In Bank – Ok
- ¨ Pada saat mengatur Sales Account dan Purchase Account caranya sama seperti diatas
7.
Membuat data pelanggan dan pemasok :
- ¨ Card file – card list – customer/supplier – new
- ¨ New dan isi sesuai data – ok
8.
Buku besar pembantu piutang dagang :
- ¨ Setup – balances – customer balances – add sale
- ¨ Klik tanda finder customer name,pilih nama pelanggan lalu klik use customer isi sesuai data lalu record
- ¨ Add sale,pilih customer name
- ¨ Ok – close
9.
Buku besar pembantu utang dagang :
- ¨ Setup – balances – supplier balances
- ¨ Add purchase,pilih supplier,isi sesuai data – record
- ¨ Add purchase – oke – close
10.
Saldo awal persedian :
- ¨ Inventory – item list – new
- ¨ Isi sesuai data – ok
- ¨ Tentukan metode pencatatan dengan cara pilih fitur inventory – set item prices – avg cost – ok
11.
Memasukkan saldo awal persedian :
- ¨ Pilih fitur inventory – count inventory
- ¨ Isi sesuai data – adjust inventory
12.
Memeriksa kebenaran data awal :
- ¨ Pilih fitur accounts – company data auditor
- ¨ Company file overview – next
- ¨ Klik transaction review,masukan tanggal awal transaksi dan tanggal akhir transaksi lalu klik run review – next
- ¨ Klik tax exception review – finish – ok
13.
Keluar dan membackup data perusahaan :
- ¨ File – exit – yes – pilih check company file for errors – continue – ok – save in – save
14.
Bukti kas keluar ( beban ) :
- · Banking – spend money – hilangkan tanda centang pada kotak tax inclusive
- · Isi sesuai data transaksi hingga out of balance menjadi Rp 0 –, kemudian klik record
15.
Kas kecil ( beban ) :
- · Banking – spend money – account terisi dengan petty cash
- · Isi sesuai data transaksi hingga out of balance menjadi Rp 0 kemudian klik record
16.
Pelunasan piutang :
- · Sales – receive payments
- · Isi sesuai data transaksi hingga out of balance menjadi Rp 0 kemudian klik record
17.
Penjualan kredit :
- · Sales – enter sales – ganti layout menjadi item
- · Klik tanda panah untuk mengganti terms dan kemudian isi kolom sesuai data penjualan – record
18.
Pelunasan utang :
- · Purchase – pay bills – pastikan account terisi dengan cash in bank – pilih nama supplier
- · Isi sesuai data transaksi dan pastikan out of balance Rp 0 – record
19.
Pembelian kredit :
- · Purchase – enter purchases – ubah layout menjadi item – pilih nama supplier – isi terms sesuai data transaksi
- · Isi data sesuai transaksi dan pastikan nilai pada balance due harus sama dengan jumlah yg ada di faktur - record
Mantap berguna sekali materi ini 👍👍👍👍
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTerima kasih banyak kak.materi ini sangat membantu🖒🖒🖒🖒
BalasHapusTerima kasih banyak kak.materi ini sangat membantu🖒🖒🖒🖒
BalasHapus